Rabu, 11 September 2013

JUAL BIBIT GAHARU




JUAL BIBIT GAHARU

Tingginya harga jual gaharu di pasar Internasional membuat pohon gaharu semakin di exploitasi secara besarbesaran sehingga mengakibatkan turunnya populasi pohon gaharu di alam.
Melihat kondisi seperti ini tentu akan mengakibatkan kepunahan pohon gaharu dimasa yang akan datang sehingga anak cucu kita hanya mendengar cerita tentang pohon gaharu tanpa tahu seperti apa pohon gaharu tersebut.

Pada tahun 1994, konvensi CITES (Convention on International Trade in Endangered Species) di Amerika Serikat menetapkan bahwa pohon gaharu spesies A. malaccensis masuk ke dalam Appendix II, yaitu tanaman yang dibatasi perdagangannya. Penetapan tersebut dikarenakan populasi tanaman penghasil gaharu semakin menyusut di alam yang disebabkan para pengusaha gaharu tidak dapat mengenali dengan tepat mana tanaman yang sudah mengandung gaharu dan siap dipanen.

Untuk mencari pohon penghasil gaharu, para pengusaha menebang puluhan pohon yang salah (tidak menghasilkan gaharu) sehingga jumlah pohon tersebut sangat berkurang.

Pada tahun 2004, Indonesia mengajukan agar semua penghasil gaharu alam yaitu genus Aquilaria dan Gyrinops dimasukkan ke dalam daftar Appendix 2 untuk membatasi perdagangannya sehingga perdagangan gaharu harus memiliki izin dari CITES dan dalam kuota tertentu. Hal ini dilakukan untuk memastikan spesies pohon gaharu alam dapat berkembang dan tersebar dengan baik.

Menanam gaharu budidaya adalah salah satu solusi yang paling tepat untuk mengatasi krisis gaharu alam. Selain mendapatkan manfaat ekosistem, penanaman bibit gaharu dialam juga akan meningkatkan ekonomi masyarakat. 

Penjualan bibit gaharu untuk menjamin ketersediaan bibit gaharu di pasaran menjadi tanggung jawab kita bersama. Penjualan bibit gaharu harus bisa didapatkan dengan mudah dan harga jual bibit gaharu yang terjangkau oleh masyarakat.

Kami menjual bibit gaharu jenis Aquillaria Malaccensis berbagai ukuran dengan harga jual bibit gaharu yang terjangkau.



Cara menanam gaharu atau yang lebih sering disebut cara budidaya gaharu sangat menentukan keberhasilan budidaya gaharu di masa mendatang.

Cara budidaya ini merupakan fondasi awal keberhasilan hidup gaharu yang ditandai tumbuhnya bibit gaharu menjadi pohon gaharu. Menjadi pertanyaan besar bagi petani yang ingin memulai budidaya gaharu yaitu bagaimana cara menanam yang meliputi tekstur tanah, jenis bibit dan perawatan.

Cara menanam gaharu untuk dibudidayakan tidak memerlukan kriteria tanah khusus, yang terpenting tanah tersebut tidak terendam air seperti tanah rawa ataupun tanah sawah.

Gaharu dapat ditanam pada ketinggian 0  - 1200 m dpl dan beberapa pengalaman teman, gaharu juga dapat ditanam pada ketinggian lebih dari 1200 mdpl.

Ada hal yang paling penting yang harus diperhatikan ketika akan berkecimpung dalam budidaya gaharu ini adalah bahwa pohon gaharu berumur 012 bulan setelah ditanam harus mendapat naungan/teduhan sehingga memerlukan perawatan ekstra dari petani.

Pengalaman yang pernah Tim Gaharu Hijau lakukan adalah kurangnya pengetahuan dan informasi cara menanam ataupun cara budidaya gaharu.

Kami sendiri ketika awal menanam gaharu tidak menggunakan naungan/teduhan dan alhasil dari 1400 batang yang ditanam hanya kurang dari 100 pohon yang hidup.

Pengalaman pahit yang kami bagikan disini agar kawankawan petani gaharu dapat mengetahui bagaimana cara menanam gaharu dengan minimalisir resiko dan cara budidaya gaharu dengan biaya yang murah.

Adapun pola tanam gaharu dapat kami bagikan sebagai berikut :

1.      Pola Tanam Monokultur

 Cara menanam ini yaitu satu areal perkebunan ditanami hanya pohon gaharu. Cara budidaya ini biasa dilakukan oleh petani-petani yang memang khusus menanam gaharu dan biasanya menggunakan areal pertanahan yang masih belukar.

Kami menyarankan untuk areal pertanahan yang baru dibuka ketika akan melakukan pembersihan jangan dibakar tetapi dibersihkan seperlunya saja sekitar lobang tempat penanaman untuk mengefisienkan biaya.

Pembersihan secara keseluruhan dapat dilakukan setelah batang gaharu yang ditanam tadi sudah berumur lebih dari 1 tahun. Cara menanam dengan pola tanam monokultur akan dapat memaksimalkan lahan dengan jarak tanam 1m x 1m, 2m x 2m atau 3m x 3m.

Pemilihan jarak tanam akan mempengaruhi pertumbuhan pohon gaharu. Sebaiknya menanam pohon gaharu ketika awal musim hujan.

2.      Pola Tanam Tumpang Sari


Cara budidaya gaharu dengan pola tanam tumpang sari dapat dilakukan dengan cara menanam pohon gaharu di selasela tanaman lain seperti pohon sawit, karet, mahoni, pisang dan tanaman lainnya, dapat juga dilakukan penanaman sebagai pagar pembatas lahan milik kita.

Pohon gaharu ini juga dapat ditanam di pekarangan rumah, masjidmasjid ataupun ditempat umum lainnya.

Selain yang kami uraikan diatas, cara menanam pohon gaharu seperti pembuatan lobang dan perawatan ketika budidaya seperti pemupukan, tidak jauh berbeda dengan cara menanam pohon yang lain.

Selama ini Anda mengenal gaharu sebagai salah satu produk industri budidaya kayu keras yang sangat populer. Tapi tidak banyak yang benarbenar memahami tanaman asli dari kayu gaharu. Karena jika Anda bertanya tentang bibit gaharu, maka ini akan cukup membingungkan. Alasannya karena sebenarnya tidak ada yang namanya pohon gaharu.

Sebenarnya kayu gaharu hanyalah produk dari sebuah proses alami dari semacam antibodi tubuh. Kayu gaharu berasal dari jenis kayu Aquillaria Sp.

Ketika tanaman ini sudah dewasa dan terinfeksi sejenis cendawan ascomycetous pada batang kayu, maka pohon akan bereaksi secara kimia dan mengeluarkan minyak sebagai antibodi. Cendawan pun mati dan sisa dari anti bodi ini meresap dalam daging kayu. Jadilah kayu berwarna kehitaman sesuai dengan warna dari minyak tadi.

Yang istimewa, minyak tadi mengandung aroma wangi yang tajam. Garagara minyak inilah gaharu kemudian menjadi komoditas besar dalam pasar internasional gaharu sebagai bahan utama banyak industri wewangian, dupa hingga obatobatan.

Jenis Tanaman Bibit Gaharu

Dari kisah pendek daur hidup gaharu tadi, jika Anda tertarik menjalankan usaha budidaya kayu gaharu, Anda harus mencari bibit dari tanaman Aquillaria Sp sebagai bibit gaharu.

Ada beberapa jenis tanaman Aquillaria Sp yang biasa menjadi bibit dari gaharu. Berikut ini bermacam jenis Aquillaria Sp yang cocok menjadi bibit gaharu.
  • Aquilaria khasiana, berasal dari India.
  • Aquilaria apiculina, berasal dari Filiphina
  • Aquilaria acuminata, berasal dari Papua Nugini, Indonesia dan Filiphina
  • Aquilaria baillonil, berasal dari Thailand dan Kamboja
  • Aquilaria baneonsis, berasal dari Vietnam
  • Aquilaria beccariana, berasal dari Indonesia
  • Aquilaria brachyantha, berasal dari Malaysia
  • Aquilaria crassna, berasal dari Kamboja,Malaysia, Thailand, dan Vietnam
  • Aquilaria cumingiana, berasal dari Indonesia dan Malaysia
  • Aquilaria filaria, berasal dari Papua Nugini, Maluku, dan Mindanao (Filiphina)
  • Aquilaria grandiflora, berasal dari China
  • Aquilaria hirta, berasal dari Thailand, Indonesia dan Malaysia
  • Aquilaria malaccensis, berasal dari Malaysia, Thailand, dan India
  • Aquilaria microcapa, berasal dari Indonesia dan Malaysia
  • Aquilaria rostrata, berasal dari Malaysia
  • Aquilaria sinensis, berasal dari China
  • Aquilaria subintegra, berasal dari Thailand
Itu tadi 17 jenis dari Aquillaria Sp. Masing-masing jenis memiliki sifat, keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Ada yang lebih tahan pada lahan kering, ada yang lebih rewel dengan air.

Tetapi pada dasarnya tanaman gaharu sangat cocok hidup di kawasan tropis. Jadi dari semua jenis tanaman, kebanyakan berasal dari kawasan Asia Tenggara yang banyak hujan dan banyak matahari.

Akibat beragamnya jenis dari Aquillaria Sp, sebaiknya Anda berhati-hati. Meski bersaudara sangat dekat, beberapa tanaman tidak mirip secara identik.

Jadi ada baiknya Anda waspada. Pasalnya saat ini penipuan berbasis penjualan bibit tanaman juga mulai menjamur.

Pada umumnya konsumen bibit gaharu seperti Anda memiliki keterbatasan dengan minimnya pengetahuan seputar bibit gaharu. Anda mungkin tidak kenal bagaimana tanaman Aquillaria Sp sebenarnya.

Pada umumnya penjualan bibit gaharu ini berukuran sekitar 30 – 50 cm, dengan harga sekitar Rp 2.000 hingga Rp 5.000 perbuah bibit gaharu. Jadi Anda patut waspada kalau ada gaharu yang terlalu murah atau terlalu mahal.

Juga ada baiknya Anda mencari informasi melalui internet bagaimana sebenanya tipe fisik dari tanaman Aquillaria Sp, setidaknya Anda tahu betul ciri fisik dari tanaman ini.

Mencari Bibit Gaharu

Bicara soal kemana Anda bisa mencari bibit gaharu, saat ini tidak sulit mendapatkan bibit gaharu. Ada begitu banyak toko online shop yang menyediakan bibit gaharu yang bisa Anda akses kapanpun Anda butuh. Tapi sekali lagi seperti saya katakan Anda patut meningkatkan kewaspadaan. Salahsalah Anda malah menjadi korban dari penipuan usaha online bibit tanaman.

Di beberapa tempat, ada juga usaha serupa yang memiliki gerai nyata. Meskipun harus diakui bahwa untuk mendapatkan bibit gaharu tidak semudah seperti mendapatkan produk lainnya seperti bibit jati, bibit sengon atau jabon yang sudah duluan populer.

Memang budidaya gaharu saat ini belum banyak menjadi pilihan usaha cocok tanam. Cara budidaya usahanya yang lebih rumit menjadi alasan dibalik itu.

Jarangnya minat para pelaku usaha agro dalam menjalani usaha kayu kerasnya akhirnya memicu jarangnya produk bibit gaharu dipasaran dan akhirnya panen gaharu cenderung berasal dari ekploitasi hutan alias produk asli dari alam.

Sebagai informasi, tanaman Aquillaria Sp memiliki buah dan biji. Cara pembibitan dari biji bisa menjadi pilihan.

Namun sekarang Anda akan lebih mudah menemukan bibit gaharu dari cara buatan karena biasanya lebih cepat. Asal Anda tahu, sebenarnya bibit dari biji memiliki keunggulan yang lebih baik dari sisi daya tahan dan sisi kekuatan.

Jadi pertimbangkan hal ini ketika Anda mencari bibit gaharu dipasaran,Kini Anda sudah mengerti bagaimana mencari dan memilih bibit gaharu. Semoga informasi ini bisa membantu Anda dalam mendapatkan bibit gaharu untuk usaha budidaya Anda.

BIBIT GAHARU SIAP TANAM

Spesifikasi :

Jenis Aquilaria Mallacencis
Umur 7 bulan
Tinggi 30 cm sampai dengan 80 cm
Polybag 10 x 15
Ready Stock  1.000.000batang
Harga Rp.3.000/btg (to be confirm)

Kami melayani pengiriman bibit gaharu ke seluruh Indonesia, untuk pembelian bibit gaharu dapat menghubungi kami melalui kontak 0853 8195 8809







0 komentar:

Posting Komentar

Cara Gampang Blog di Blogspot

Blog adalah sebuah situs website yang memungkinkan penggunanya dapat menuliskan atau memposting berbagai hal sesuai dengan keinginannya dengan mudah, (tanpa harus memiliki pengetahuan html rumit) dan dapat dikomentari oleh pengunjungnya. Dengan urutan tulisan terbalik dimana tulisan terbaru berada di paling atas kemudian di ikuti oleh tulisan lama di belakangnya. Pada awalnya blog hanya berisi sebuah catatan pribadi atau diari online pemiliknya, namun dewasa ini topik blog telah berkembang lebih luas sebagai ajang berbagi pengetahuan, seperti pendidikan, kesehatan, teknologi dan lain-lain. Bahkan blog juga telah digunakan untuk sebuah perusahaan sebagai media untuk lebih dekat dengan pelanggan dan mitra bisnisnya. (referensi, wikipedia.com blogger.com)

BISNIS GRATIS

KISAH NYATA Dari : Bapak Indarjo Kusuma, Cikarang, Jawa Barat. Saya mendapat fotocopy program ini diatas mesin ATM BRI ketika saya mau mengambil uang gaji. Waktu pertama say abaca, saya merasa tidak yakin sampai beberapa hari saya biarkan fotocopy ini diatas meja. Tetapi seringkali menganggu pikiran sayam kemudian akhirnya iseng-iseng saya mencoba mengikuti dengan mentransfer ke-empat nomor rekening BRI masing-masing Rp. 20.000,- kemudian saya tempelkan pada kolom, bukti transfer dan memfhotocopynya sekitar 50 rangkap, lalu saya mengedarkan program kepada saudara/keluarga, teman dan sisanya saya letakkan diatas mesin ATM BRI, bulan berikutnya saya ke-ATM BRI untuk mentransfer cicilan karti kredit, cicilan sepeda motor, telephone, listrik, dll. Karena sudah merupakan rutinitas, saya tidak mengecek lagi berapa saldo yang tersisa waktu itu, begitu selesai langsung saya ambil kartu ATM BRI saya.

KUNCI UTAMA KESUKSESAN BISNIS ANDA

Sebarkan/promosikan secara online salatunya bisa dengan memasang iklan salah satunya yang menawarkan jasa pemasangan iklan secara otomatis tanpa harus mengunjungi web satu persatu cukup satu kali klik sudah bisa mempromosikan atau mengenalkan ke ribuan web site.

PageRank

Site News Free Services

Tip Bisnis

Kekayaan adalah sarana untuk kebahagian hidup, kekayaan bukan tujuan, tidak layak bagi Anda mendewa-dewakan kekayaan, tidak layak juga Anda mengutuk kekayaan, karena kekayaan adalah cermin kerja keras Anda. Jika Anda memujanya berlebihan maka Anda memuja diri Anda sendiri itu tidak baik, jika Anda mengutuknya berarti Anda mengutuk diri Anda sendiri. Hidup ini penuh dengan ujian, baru punya tujuan menjadi orang sukses sudah diuji oleh alam, mungkin ada bisikan dari hati atau kata-kata dari orang lain.